Membuat Bangunan dengan Pemborong atau Harian

Pekerjaan konstruksi yang memang tengah meningkat membuat banyak orang yang ada didesa pergi merantau ke kota-kota besar untuk menjadi pekerja konstruksi yang sangat dibutuhkan tenaganya diberbagai kota besar di indonesia. Bahkan tidak hanya dikota besar, di daerah terpencil sekarang juga dibangun tempat atau bangunan yang akan menyokong perekonomian daerah setempat, sehingga daerah setempat melakukan pembangunan yang sangat besar dan juga pesat. Di Papua juga sedikit mengalami pembangunan bandara yang berukuran kecil untuk pesawat perintis, pasar-pasar untuk meningkatkan perekonomian daerah tersebut. Banyak para pekerja konstruksi dari jawa yang pergi ke papua untuk bekerja. Pekerja tersebut ada yang bekerja secara borongan, dan ada juga yang berkerja secara harian. Para pekerjanya sendiri biasanya lebih memilih untuk melakukan pekerjaan harian apabila dibandingkan dengan menjadi pekerja konstruksi borongan saat ditawari ingin pemborong atau harian.

Untuk anda yang akan membangun rumah atau bangunan dan belum mengetahui apa itu tukang borongan dan harian anda akan bingung menggunakan jasa pekerja konstruksi yang mana.ada perbedaan dalam hal biaya untuk pekerjaan pemborong atau harian ini. Pekerja konstruksi borongan adalah jasa tukang yang akan dibayar secara keseluruhan atau juga dapat jasa pembangunan akan dibayar keseluruhan (termasuk material, tukang dan lain-lain). Apabila anda hanya membayar tukang saja maka material bangunan dan hal yang lain-lain anda yang akan membeli dan menyiapkan material sendiri.untuk biaya yang dikeluarkan dalam jasa pekerja borongan tukan saja itu akan lebih murah apabila dibandingkan dengan biaya borongan secara keselurahan apalagi dengan biaya harian. Oleh sebab itu biasanya para pekerjanya akan menginginkan bangunannya cepat selesai, namun mereka kurang memperhatikan kualitas dari bangunan tersebut. Oleh karena itu anda harus mengecek atau ikut melihat pembangunan tersebut, apakah kualitasnya bagus aau tidak. Atau bahkan anda dapat ikut membuat rencana kerja sebelum pembangunan dilakukan. Plester dengan mesin plester otomatis akan membuat pekerjaan anda lebih cepat dan murah tentunya

Untuk sistem harian biayanya lebih mahal dibandingkan dengan borongan. Tukang akan dibayar setiap harinya dengan kisaran yang telah disepakati. Biasanya tukang akan sedikit mengulur waktunya agar pembangunan sedikit lama sehingga mereka mendapat uang yang lebih. Namun sisi positifnya tukang akan bekerja lebih maksimal, karena mereka akan memperhatikan kualitas bangunan. Selain itu kita juga dapat engganti tukang apabila dirasa kurang maksimal kinerja tukang tersebut karena kita tidak terikat seperti pada jasa borongan. Pekerjaan pemborong atau harian dapat anda sesuaikan dengan seberapa cepat dan biaya yang anda punya untuk membangun.

Kekurangan dan kelebihan suatu hal pasti akan ada, begitu juga dengan sistem pemborong atau harian ini. Kekurangannya antara lain :

  • Borongan :
  1. kualitas yang didapat kurang maksimal, karena para tukang ingin segera menyelesaikan bangunan sehingga tukang dapat mencari proyek lain sehingga uang yang didapat akan lebih banyak.
  2. Tidak mudah untuk mengganti tukang. Misalnya tukang yang mengerjakan bangunan tidak rajin kita tidak dapat langsung menggantinya.
  3. Pada borongan keseluruhan, bisa jadi harga material yang dibeli pihak tukang dapat bertambah sedikit mahal.
  4. Kita harus ikut mengecek kualitas bangunan secara berkala, sehingga kita akan mendapat kualitas yang baik.
  • Harian :
  1. Kinerja tukang cenderung lebih lama karena untuk mengulur waktu dan juga untuk menambah uang.
  2. Kita harus menyediakan material sendiri.
  3. Kita harus rutin mengecek kinerja tukang agar tidak mengulur waktu terlalu lama.

Keuntungan :

  • Borongan :
  1. Waktunya lebih cepat.
  2. Tidak perlu menyediakan bahan material.
  • Harian :
  1. Kualitas bangunannya bagus.
  2. Dapat mengganti tukang dengan cepat dan mudah.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s